Minggu, 26 Januari 2014

RANGKUMAN: PERUBAHAN FISIOLOGIS SEBAGAI HASIL LATIHAN

A.      PERUBAHAN FISIOLOGIS SEBAGAI HASIL LATIHAN
Tubuh bereaksi terhadap aktivitas akan menunjukkan reaksi – reaksi sewaktu adaptasi sesuai dengan jenis aktivitasnya. Hal tersebut di pengaruhi oleh faktor yang terdapat pada individu dan lingkungan tempat dimana individu tersebut melakukan aktivitas. Berikut adalah perubahan – perubahan faali yang timbul akibat latihan:
1.      Perubahan sistem kardiorespirasi
Latihan fisik dapat meningkatkan ukuran besar jantung. Pada atlet – atlet olahraga daya tahan, keadaan tersebut disebabkan meningkatnya ukuran rongga ventrikel kiri jantung tanpa bertambah tebalnya  dinding ventrikel jantung. Sedangkan pada atlet yang tidak menggunakan daya tahan, dinding ventrikel menebal dan rongga ventrikel tetap normal. Kemampuan volume denyut jantung bertambah juga berhubungan dengan meningkatnya kapilarisasi jantung (Budiwanto, 2012:95).
2.      Perubahan pada sistem pernafasan
Volume pernafasan meningkat besama – sama dengan meningkatnya VO2 maks (McArdle, 1981:273).

B.       RESPON FISIOLOGIS TERHADAP DAMPAK LATIHAN
Komponen biomotor kekuatan merupakan salah satu komponen yang dapat dengan cepat ditingkatkan. Oleh karena itu, bentuk latihan biomotor dilaksanakan dengan baik dan tepat agar meningkat kualitas dan kuantitasnya. Berikut kemampuan respon dan fisiologis yang meningkat akibat latihan kekuatan:
1.      Adaptasi persyarafan
2.      Hipertrofi (pembesaran) otot
3.      Adaptasi sel – sel
4.      Daya tahan otot
5.      Adaptasi kardiovaskuler
6.      Perubahan secara biokimia
7.      Perubahan pada komposisi tubuh

8.      Perubahan pada fleksibilitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar