Minggu, 26 Januari 2014

VARIASI LATIHAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET

Variasi Latihan Teknik Dasar Bola Basket
1.      Latihan dribble ditempat
Pemain berdiri dengan posisi kuda kuda (kaki dibuka selebar bahu dan lutut ditekuk,badan tegak) lalu pemain tersebut melakukan driblle kanan dengan jumlah yang ditentukan pelatih  lalu dilanjutkan dengan dribble kiri dengan jumlah driblle yang sama.
2.      Latihan dribble dengan jalan atau sprint
Pemain melakukan driblle dengan jalan atau lari (sprint)dengan jarak lpanjang lapangan bola basket. Posisi tangan lurus kedepan dan agak serong sehingga saat mendribble bola berada di depan agak serong sehingga bola tidak tertinggal dan tertendang oleh kaki. Pemain melakukan dribble kanan maupun kiri.
3.      Latihan passing berhadapan.
Pemain dibagi beberapa kelompok dan saling berhadapan. Setelah saling berhadapan,pemain saling melakukan passing.Setelah melakukan passing, pemain pindah kebelakang kelompok agar semua pemain melakuikan latihan passing. Jenis passing dapat ditentukan oleh pelatih seperti passing dada, passing pantul, dan passing lambung.
4.      Latihan shooting
Pemain dibagi menjadi beberapa kelompok dan berdiri didepan garis free throw. Pemain melakukan teknik shooting secara bergantian. Setelah melakukan shooting, pemain melakukan reborn sendiri lalu memberikan bola kepada teman kelompoknya masing masing.
5.      Latihan lay up
Pemain dibagi menjadi beberapa kelompok dan berdiri didepan garis tengah lapangan bola basket. Setelah itu secara bergantian pemain melakuka dribble dan melakukan lay up dan mereborn sendiri bolanya masing masing dan meberikanya pada teman sekelompoknya.
6.      Latihan dribble dan lay up
Pemain berdiri di tepi lapangan dekat ring bola basket. Setelah itu pemai melakukan dribble menuju ring basket satunya untuk melakukan lay up.. Setelah itu pemain melakukan dribble kembali ketempat start dan melakukan lay up lagi.
7.      Latihan passing dan shooting
Pemain dibagi menjadi 2 kelompok dan berdiri sejajar dengan garis free throw dan berada diluar garis three point. Pemain dari kelompok “A” lari menuju lingkaran free throw dan menirima passing dari pemain kelompok “B” dan melakukan shooting kearah ring basket dan melakukan reborn sendiri lalu memberika bola pada kelompoknya..Setelah pemain kelompok “B” melakukan passing kepada pemain kelompok “A” , pemain dari kelompok “ B: lari dan menerima passing dari pemain kelompok “A” dan melakukan shooting. Cara tersebut dilakukan sacara bergantian.
8.      Latihan passing dan lay up
Pemain dibagi menjadi 2 kelompok dan berdiri di tepi kanan dan kiri lapanngan di belakang ring basket. Pemain dari kelompok “A” dan “B” bersama sama lari dan saling melakukan passing secara bergantian menuju ring basket satunya. Setelah dekat ring basket salah satu dari pemain tersebut memberikan passing kepada pemain satunya agar pemain satunya tersebut dapat melakukan lay up.
9.      Latihan passing dan shooting
Pemain dibagi menjadi 2 kelompok dan berdiri di tepi kanan dan kiri lapanngan di belakang ring basket. Pemain dari kelompok “A” dan “B” bersama sama lari dan saling melakukan passing secara bergantian menuju ring basket satunya. Setelah dekat ring basket salah satu dari pemain tersebut memberikan passing kepada pemain satunya agar pemaun satunya tersebut dapat melakukan shooting. Pemain dapat melakukan shooting three point, two point, dan under ring.
10.  Latihan dribble,passing dan shooting

Pemain dibagi menjadi 2 kelompok dan berdiri di tepi kanan dan kiri lapanngan di belakang ring basket. Pemain dari kelompok “A” dan “B” bersama sama lari hanya saja kelompok “A” melakukan dribble sedangkan peain dari kelompok “B” hanya lari saja tanpa melakukan dribble. Setelah kedua pemain mencapai garis tengah lapangan basket, kedua pemain tersebut kembali dan saat pemain dari kelompok “B” mendekati ring maka pemain dari kelompok “A” melakukan passing agar pemain dari kelompok “B” dapat melakukan shooting. Jenis shooting dapat berupa shooting three point,two point atau pun under ring.

6 komentar: